Traffic Pengunjung

Kamis, 25 Maret 2010

Mari sama sama belajar not balok

Banyak musisi yang menggangap not balok sebagai sesuatu yang 'mengerikan'. Not balok bukanlah hal yang 'mengerikan' jika kita mau meluangkan waktu sejenak untuk mempelajarinya.


Banyak musisi yang menggangap not balok sebagai sesuatu yang 'mengerikan'. Not balok bukanlah hal yang 'mengerikan' jika kita mau meluangkan waktu sejenak untuk mempelajarinya. Kali ini zona drum akan membahas mengenai not balok secara sederhana, yaitu kita mulai belajar mengenal not dan arti dari tanda 4/4 yang sering kita temui pada saat kita melihat not balok.

4 dibagian atas menunjukkan jumlah ketukan dalam 1 bar

4 dibagian bawah menunjukkan nilai not yang dipakai sebagai acuan 1 ketuknya, dalam hal ini adalah not 1/4 atau disebut juga dengan not crochet

Bagaimana bila 6/8?

6 menunjukkan jumlah ketukannya yaitu terdapat 6 ketuk dalam 1 bar

8 menunjukkan nilai not yang dipakai sebagai acuan 1 ketuknya, dalam hal ini not 1/8 yang mendapat nilai 1 ketuknya.

Lalu kadang kita suka melihat ada tanda C dibagian depan tanda waktu(time signature), apakah C itu? C itu adalah penulisan lain dari 4/4, jadi kita bisa saja menuliskan 4/4 atau kita tulis C, itu artinya sama saja. Kadang suka juga kita jumpai penulisan C namun ada garis lurus yang memotong C ditengah, bila kita menemui penulisan semacam ini, itu dinamakan dengan istilah Cut Time atau nama lain dari 2/4.

Dibawah ini ada tabel yang bisa kita pelajari dan kita hafalkan nilainya, dan juga kita ambil pengertiannya.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk not saja, namun juga berlaku untuk tanda-tanda istirahat, mari kita lihat tabel dibawah ini

Tanda istirahat dan not juga bisa kita gabungkan dalam 1 bar selama penjumlahannya benar, bila di 2/4 maka penggabungan dari not dan tanda istirahatnya bila dijumlah harus pas berjumlah 2 ketuk, bila di 3/4 maka penggabungan dari not dan tanda istirahatnya bila dijumlah harus pas berjumlah 3 ketuk, begitu juga dengan 4/4, maka penggabungan not dan tanda istirahatnya pun bila dijumlah harus pas berjumlah 4 ketuk.

Mari kita lihat contoh pada tabel dibawah ini..

Not-not yang bunyinya panjang seperti not penuh dan not 1/2 juga bisa kita masukkan ke dalam 1 bar asalkan penjumlahannya benar. Kita lihat ada tanda . ditabel dibawah ini, tanda . itu dinamakan dengan dot, yang fungsinya menambah panjang atau sustain sebuah not sebanyak setengah dari nilai not yang diberi tanda dot tersebut.

Mari kita lihat kembali tabel dibawah ini..

Pengelompokan dari not-not ganjil(odd notes grouping) juga bisa dimasukkan ke dalam 1 bar selama penjumlahannya benar. Yang dimaksud dengan Odd Notes Groupings adalah not-not ganjil yang terkelompok menjadi satu group seperti yang kita lihat di tabel 2/4 terdapat 2 kelompok not, kelompok not yang pertama adalah kelompok not yang berjumlah 3 buah not dan kelompok not kedua juga berjumlah 3 buah not.

Untuk jelasnya mari kita lihat tabel dibawah ini..

Mari Belajar...mari sama2 belajar....keep...rockk...

1 komentar: