Traffic Pengunjung

Kamis, 04 Maret 2010

MIDI

MIDI singkatan untuk Musical Instrument Digital interface. Ini adalah protokol yang ditetapkan di tahun 1983.

Pengertian yang sangat penting, adalah bahwa MIDI tidak mempunyai suara. MIDI mewakili "event" seluruh VST instrument yang dipakai MIDI dan banyak orang telah keliru, mempercayai bahwa MIDI adalah seperti suatu "sound generator". MIDI secara sederhana nya mentransfer informasi mengenai "event-event" seperti "pitch", "velocity", dan "duration" dari sebuah notasi.

Jadi, untuk contohnya, ketika kita menggunakan sebuah keyboard MIDI untuk memainkan suatu vst instrument, dan kita menekan tuts C1, keyboard MIDI terus mengirimkan informasinya bahwa not ini telah ditekan.

Apa yang begitu berguna dari MIDI adalah dari suatu protokol standard industri yang mengijinkan alat musik elektronik dapat berkomunikasi dengan yang lainnya. Sebelumnya, alat-alat musik yang berbeda dengan masing-masing konfigurasi-konfigurasi yang berbeda. Sekarang, ini memungkinkan untuk menulis sesuatu dengan hanya pada synthesizer, dan kemudian mengirimnya ke "Digital Audio Workstation" untuk menggunakan suara-suara yang kita suka. Memang kita juga dapat melakukan sebaliknya. Kita dapat mengirim "MIDI messages" (data-data MIDI) dari DAW ke alat yang lainnya. Data-data MIDI ini tidak mempunyai suara, data MIDI tersebut dapat dimainkan untuk seluruh jenis "event-event". Kabel MIDI biasanya digunakan didalam sebuah konfigurasi IN-OUT, tetapi ada juga konfigurasi MIDI Thru, yang mentransfer
secara langsung data dari MIDI IN ke sumber/alat lainnya, tanpa sebuah delay.

Jika kita mencari di internet, kita dapat menemukan koleksi dari beberapa MIDI song. Kita dapat membuka file MIDI di Cakewalk atau Cubase dan membacanya seperti misalnya tulisan not baloknya.

Untuk memaksimalkan kompatibilitasnya, tahun 1991, GM (General MIDI) dibuat. Ini adalah protokol yang ditetapkan, seperti poliphony, pemberian nomor program suara. Sebelumnya, sebuah synthesizer A dapat menggunakan program nomor 1, misalnya untuk sebuah suara string dan synthesizer B menggunakan program nomor 1 untuk suara piano. Dengan GM, ada sebuah ketentuan untuk setiap instrumen, misalnya program nomor 17 adalah untuk suara Drawbar Organ, program nomor 1 adalah untuk suara piano. Jadi, kita dapat pastikan, sebuah MIDI song yang dimainkan di alat musik/ synthesizer A, suaranya sama dengan yang dimainkan di synthesizer B.

Parameter MIDI yang begitu penting ketika menulis musik, adalah "velocity", seberapa kerasnya sebuah not dimainkan. Ada juga "aftertouch", yang artinya adalah tekanan tambahan yang dipakai setelah kita menekan sebuah tuts dan "sustain" yang dalam permainan Piano Akustik serta "Pitch bend" yang dapat digunakan ketika menirukan permainan sebuah gitar listrik.

Jadi, sekarang ini, MIDI begitu sederhana. Kita hanya memasang sebuah kabel MIDI dan mainkan :-)

Kabel MIDI USB + Free Studio Music Producer + VSTi



Studio Music Producer

Music Studio Producer v1.25 New
Free MIDI sequenecer, DAW which can host VST(i).

Music Studio Producer adalah program musik untuk pemula dan profesional!
Music Studio Producer adalah versi Gratis dari Music Studio Independence
yang mempunyai sejumlah fungsi untuk semua jenis musik, seperti
composition, arrangement, recording, mixing dan mastering.

MIDI sequencer
Anda dapat membuat musik dengan berbagai cara seperti real-time recording, step recording dan editing hanya dengan menggunakan sebuah mouse!
You can edit music just as you want by using four kinds of windows ; Track,
Piano Roll, Score Roll, Event List and Mixer.

Audio
Sebagai contoh, Anda dapat melakukan mix gitar akustic dan vocal untuk
data MIDI.
Selanjutnya, Anda dapat menggunakan suatu effect untuk suara-suara ini.

Cara paling mudah untuk menghubungkan alat musik Keyboard ke PC atau Laptop!

Begitu mudahnya membuat sebuah Studio Musik di rumah (Home Recording) dengan Komputer PC/Laptop/Notebook . Dimulai dengan menghubungkan sebuah instrumen musik elektronik yang memiliki port MIDI OUT/IN ke Komputer dengan kabel MIDI USB. Dalam beberapa menit Anda akan dapat memainkan lagu-lagu dari file MIDI begitu juga lagu-lagu dapat direkam di Komputer Anda! Dengan software musik yang tepat, Anda dapat menambah instrumen musik tambahan, kemudian melakukan Edit, Mix, dan bahkan Mencetak lembaran Notasi Musik dari komposisi lengkap Anda. Produk USB MIDI CABLE ini telah lulus sertifikasi CE dan FCC. Kabel ini dapat mendukung Windows XP, Vista, begitu juga Mac OSX.

USB MIDI CABLE

Spesifikasi:

*

USB powered and Class Compiliant untuk plug & play. Hanya dengan menghubungkan sebuah soket USB komputer untuk otomatis meng-install driver
*

1 in + 1 out MIDI interface; 16 MIDI input channels & 16 MIDI output channels
*

Indikator aktivitas MIDI untuk masing-masing port
*

Sangat praktis dan ringan
*

Dapat dipindah-pindah, anda dapat menghubungkan dan mencabut sesuka anda inginkan, bahkan ketika Komputer sedang hidup
*

Adaptor AC tidak diperlukan karena sumber daya berasal dari port USB Komputer
*

Panjang Kabel 1,8 m
*

Compared with other USB MIDI cable, this product almost has no latency
*

Versi terakhir dengan built-in driver
*

Mendukung sistim Windows XP, Vista dan Mac OS X

USB MIDI Cable: Rp. 275.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar