Traffic Pengunjung

Kamis, 04 Maret 2010

Pembentukkan Chord

Pembentukkan Chord

Setelah kita memahami jarak antara dua nada/Interval, maka kita memasuki area dimana nada2 tsb. merubah dirinya menjadi bentukkan sebuah Chord. Yang paling mudah di saat kita mendengarkan lagu2, katakanlah irama yg ngepop dan mudah di ingat. Maka suara bass akan membentangkan interval2 dalam lagu tsb. berikut dengan pola ritmisnya. Setelah suara bas pasti akan ada frekwensi2 di daerah tengah dan juga tinggi. Nah kalo kita meregister jarak2 tersebut tentunya akan terjadi banyaknya rentang nada yg membentuk menjadi chord. Nada2 yg paling mudah di mengerti tentunya yg berbentuk menjadi Triad/ hanya tiga nada.

Contoh 1 ; nada-nada seperti : C ditambah E ditambah G akan menjadi C Mayor Chord yg biasa disebut C Maj. Karena jarak nada C ke E adalah Major 3rd(sesuai tangga nada mayor dari C) dan Jarak dari E ke G adalah Minor 3rd (sesuai tangga nada mayor E). Maka rumusan Major 3rd ditambah Minor 3rd disebut Chord Mayor. Itu selengkapnya harusnya C Triad Mayor tetapi cukup disebut C Mayor saja.

Contoh 2 ; nada-nada seperti : C ditambah Eb ditambah G akan menjadi C Minor Chord yg biasa disebut C Min. Karena jarak nada C ke Eb adalah Minor 3rd(sesuai tangga nada mayor dari C) dan jarak dari nada Eb ke G adalah Major 3rd(sesuai tangga nada mayor Eb). Maka rumusan Minor 3rd ditambah Major 3rd disebut Chord Minor. Itu selengkapnya harusnya C Triad minor tetapi cukup disebut C Minor saja.

Contoh 3 ; nada-nada seperti : C ditambah Eb ditambah Gb akan menjadi C Diminished Chord yg biasa disebut C Dim. Karena jarak nada C ke Eb adalah Minor 3rd(sesuai tangga nada mayor dari C) dan jarak nada Eb ke Gb juga Minor 3rd(sesuai tangga nada mayor Eb). Maka rumusan Minor 3rd ditambah Minor 3rd disebut Chord Diminished. Cukup disebut C Dim saja.

Contoh 4 ; nada-nada seperti : C ditambah E ditambah G# akan menjadi C Augmented Chord yg biasa disebut C +. Karena jarak nada C ke E adalah Major 3rd(sesuai tangga nada mayor dari C) dan jarak E ke G# juga Major 3rd(sesuai tangga nada mayor dari E). Maka rumusan Major 3rd ditambah Major 3rd disebut Chord Augmented/Plus. Cukup di sebut C+ saja.

Tambahan2 ;

Contoh 5 ; nada-nada seperti : C ditambah F ditambah G akan menjadi C Suspended 4th yg biasa disebut C sus4. Karena jarak nada C ke F adalah Perfect 4th(sesuai tangga nada mayor dari C) dan jarak F ke G adalah Major 2nd(sesuai tangga nada mayor dari F). Maka rumusan Perfect 4th di tambah Major 2nd disebut C Suspended 4th. Cukup disebut Csus saja.

Masih ada beberapa contoh lagi seperti C add 9, C 69 ommit 5 dll. Tetapi cara2nya tidak jauh dari basic ini. Selanjutnya kita masuk ke Seveth Chord.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar